“Remember that wherever your heart is, there you will find your treasure.” (― Paulo Coelho, The Alchemist)

Lembar Sebelas: to change

Monday, December 2, 2013
"...If you want to change, you must first make it clear to yourself why you wish to change, and how you intend to do so." [Ichihara Yuuko; xxxHOLiC ]
re:cycle (c) katsuo


Mari bicara perubahan.

Untuk berubah, seseorang harus benar-benar menerima alasan mengapa perubahan dibutuhkan. Kau tidak bisa berubah hanya karena seseorang memintamu; dirimu tidak bisa menerima janji semacam itu. Kau tidak bisa berubah hanya karena kau ingin memuaskan orang lain; dirimu tidak peduli dengan hal semu semacam itu.

Berubah tidak berkorelasi dengan perbaikan menuju jalan yang lebih baik. Berubah adalah menggeser paradigma; dengan sadar berusaha bergerak menuju arah lain. Kau boleh jadi mengklaim dirimu berubah—atau sedang berusaha melakukannya, namun kau selalu tahu apa yang terjadi sebenarnya. Melakukan sugesti diri tidak serta merta menyulapmu menjadi orang yang berbeda.

Berusaha mengubah orang lain adalah hal yang sia-sia jika tidak disertai dengan mengubah dirimu sendiri. Berubahlah, luaskan lingkaran pengaruhmu. Berempatilah, dengarkan dan jelaskan. Pada akhirnya hal seperti itulah yang mampu menggugah seseorang untuk berubah. Tanpa itu, berubah hanya menjadi justifikasi kebebasan dari pengaruh; dan itu tidak hanya temporer tanpa benar-benar bermakna.

Mari bicara mengenai diri sendiri.

Mari berhenti menyuarakan komplain; refleksilah. Mari berhenti mengesankan orang lain; jujurlah. Mari berhenti membenci realita; berubahlah. Inside to outside; hanya dengan itu suatu perubahan membawa makna.

{Be the lace of life}
Be First to Post Comment !

Custom Post Signature

Custom Post  Signature